Total Tayangan Halaman

Selasa, 07 Juni 2011

TKS Siap Atasi Pengangguran Kebumen

Tenaga Kerja Sarjana (Tenaga Kerja Sukarela) Jawa Tengah  di lingkungan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupetan Kebumen siap membantu pemerintah dalam mengatasi pengangguran dengan memberikan informasi Kerja, pendidikan kewirausahaan, TKI dan pengembangan potensi usaha kepada pencari kerja di desa
Angka pengangguran di Indonesia yang cukup tinggi berdampak pada proses pembangunan, hal ini menjadi tantangan bersama untuk menyelesaikan sebuah perubahan ketenagakerjaan di Kabupaten Kebumen. ada informasi pada Dialog SPB Ratih TV Kebumen Selasa 8 Juni 2011 tahun 2011 ini ada 90 ribu lulusan kerja   SMA –SMK (Umum, Teknlogi dan ekonomi. 

TKS Selama sebulan Juni 2011 menganalisa ada sebab pengangguran diantaranya:
1. Akses informsi kurang,
Minimnya akses informasi bagi ketenaga kerjaan baru  bagi penggangguran terbuka (belum pernah kerja) dan semi pengangguran (pernah kerja tetapi menganggur) Adanya pemberi informasi kerja dengan mengupdate  info kerja pada fasilitas internetkerja dan membuka jaringan denga perusahaan pemberi kerja, adanya pembuatan Bursa Kerja Online dengan Faceebook, Blog, Website, papan info kerja, di tempat, papan pengumuman sekolahan, Forum warga, balai desa, dan tempat tempat strategis, dan pelatihan bagi pengangguran terbuka (belum pernah kerja).
2. Tidak tahu potensi diri  dan lingkungan,
Adanya analisa diri  bagi pencari kerja, akan potensi yang ada pada setiap orang. pencari kera Terutama usia angkatan kerja 18 tahun sampai dengan 40 ini. selain itu, ada Analisa kekuatan skill ketrampilan seseorang sebagai salahsatu kunci utama untuk mengembangkan sebuah kekuatan wirausaha dengan membuka lapnangan kerjaTerkait dengan pengembangan lingkungan sekitar sangat penting menjadi kunci.
3. Mendidik usaha baru,
Pendidikan mental berjiwa usaha sangat susah , harus mempunyai skill dan pengetahuan serta pengalaman yang cukup sesuai dengan minat dan bakat. Selain itu  mendidik tenaga kerja yang berpikir menjadi mental kerja/kuli , menjadi penemuan skill, dan  modal untuk menjadikan langka mandiri menciptakan usaha baru,
4. Solusi :
Adanya langkah-langkah nyata dengan carta action di lapangan secara bersama antara pemerintah, pengusaha dan warga untuk membagi tugas dan kepaad pencari kerja.
 
TKS Disnakertrasos Kebumen 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar